Perempuan Bekerja Malam Resiko Terkena Kanker Payudara

Bookmark and Share
Perempuan yang mendapat giliran kerja jaga malam memiliki risiko terkena kanker payudara. Demikian disampaikan para peneliti dan dikutip Daily Mail, Selasa (29/5/2012).
Penemuan ini memberikan peringatan bahwa para perempuan yang bekerja malam rawan terkena kanker payudara hingga mencapai 40 persen. Perempuan yang bekerja dua kali jaga malam sepekan memiliki risiko dua kali lipat ketimbang perempuan yang hanya mendapat jaga satu kali.
Para ahli menduga, sebuah hormon dalam tubuh memiliki potensi melawan tumor kemungkinan terganggu karena terekspos cahaya sepanjang malam ketika kerja.
Ada sejumlah bukyi yang memperlihatkan bahwa bekerja malam kemungkinan akan mendorong terkena kanker karena terganggunya jam tidur tubuh dan produksi hormon. Hasil penelitian terbaru yang didukung Danish Cancer Society melibatkan 18.500 perempuan yang bekerja di Angkatan Darat Denmark antara tahun 1964 dan 1999.
Para peneliti berhasil menghubungi 210 dari total 218 yang memiliki kanker payudara antara tahun 1990 dan 2003 dan mereka yang masih hidp pada tahun 2005/2006.
Peneliti Johnni Hansen mengatakan bahwa bekerja dua malam selama sepekan tidak cukup untuk mengganggu jam tidur. Namun, jika hal ini terus menerus dilakukan selama bertahun-tahun akan mengganggu ritme tubuh dan bahkan pola tidur.
Para peneliti juga menemukan adanya kadar rendah melatoni yang banyak ditemukan pada orang-orang yang bekerja dan terpapar cahaya saat malam dan mendorong pertumbuhan tumor.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar