Tips Dan Trik 90% Lulus Ujian SNMPTN 2012. Penting Sekali Ini !!!

Bookmark and Share
Berikut ini adalah beberapa tips dan trik agar bisa lulus pada Ujian SNMPTN 2012 yaitu:

1. Beberapa bulan sebelum pelaksanaan SNMPTN 2012

Anda harus melakukan pengayaan materi termasuk strategi dalam menghadapi soal-soal SNMPTN nanti. Waktu harus dimanage sedemikian rupa agar pada saat SNMPTN anda betul-betul siap. Beberapa hal teknis yang dapat anda lakukan adalah :

Menyusun jadwal belajar yang dapat anda lakukan dengan senang dan leluasa. Kalian bisa menyusun belajar sendiri, ikut privat, belajar kelompok atau ikut bimbel intensif persiapan SNMPTN 2012. Tingkatkan intensitas jadwal yang anda buat itu jika makin mendekati SNMPTN. Banyak berlatih soal, practise make perfect. Gunakan metode ST yaitu soal teori, maksudnya kalian berlatih mengerjakan soal kemudian pahami teori atau konsep dasarnya.

Seminggu sekali lakukan koreksi terhadap program penjadwalan yang anda buat itu, bila perlu diubah, ketika anda sudah mulai tidak konsisten terhadap  jadwal belajar tersebut. Kumpulkan dan kerjakan sebanyak mungkin soal-soal tes SNMPTN dari berbagai rayon terutama yang terbaru yaitu SNMPTN 2011, agar kalian bisa memetakan soal SNMPTN itu seperti apa sih. Berdasarkan survei ternyata tipe soal yang diujikaan tes masuk PTN dari tahun ke tahun selalu berkisar pada pola dan hal yang sama. Terlebih 20% soal SNMPTN biasanya diambil dari soal-soal yang pernah muncul baik dari wilayah yang sama maupun lintas wilayah. Begitu juga cobalah untuk mengerjakan soal Ujian Mandiri PTN yang lain seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP UNPAD dan lain-lain yang sudah pernah dikeluarkan, pastikan tidak ada satu soal pun yang anda lewatkan.

Kuasai dasar dan konsep matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Ingat konsep nya, mau sesulit apapun soalnya, kalo sudah dikuasai  konsep nya, Insya Allah bisa dan neglecting one of those subjects. Jangan mikir, “aku kuatin di matdas ah, fisika dikit aja.” Tiap mata pelajaran sangat esensial menentukan kelulusan mu dalam SNMPTN!

Berlatih soal-soal tes potensi akademik. Kalau kalian melatih soal tes potensi akademik, maka kalian akan lebih siap karena sudah pernah menghadapi tipe tes seperti itu. Bandingkan dengan orang-orang yang beranggapan tes potensi akademik tergantung otak, maka dia cenderung tidak siap dan kesannya ‘pasrah’. Ingat menyiapkan lebih baik dari pada ‘pasrah’. Pastikan anda sudah melakukan persiapan tersebut dengan baik. Walaupun pada akhirnya nanti anda akan tetap menyesal, “ Mengapa saya tidak bisa berbuat lebih dan lebih baik lagi”.

Ikuti try out. Try out memiliki manfaat yaitu untuk mengukur kemampuan dan evaluasi sejauh mana persiapan kalian dalam menghadapi SNMPTN ,  juga untuk membiasakan diri dengan suasana ujian SNMPTN sebenarnya.


2. Sehari sebelum SNMPTN :

Cek lokasi ujian termasuk ruang dan meja yang akan kalian gunakan besok.    Jangan   ambil resiko tidak melihat lokasi ujian. Bagi yang menggunakan kendaraan umum perkirakan waktu perjalanan agar tidak terlambat.

Cek kelengkapan ujian, kartu ujian, pensil dan rautannya, penghapus dan lain-lain. Kalo bisa siapkan beberapa pensil yang sudah siap pakai, tidak perlu diraut saat ujian.
  • Tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi dengan suasana dan kondisi segar.
  • Sebelum tidur berdoalah pada Allah swt, semoga hari esok dipermudah segala sesuatunya.
  • Jadikan hari ujian besok sebagai hari yang biasa-biasa saja dan bangun pagi-pagi seolah-olah tidak ada ujian.
  • Minta doa restu kepada kedua orang tua kita.



3. Pada saat pelaksanaan SNMPTN

SNMPTN 2012 day 1 :

  1. Jangan sampai telat, lebih baik nunggu.
  2. Buat posisi duduk senyaman mungkin, hari pertama adalah tes  potensi akademik dan kemampuan dasar (matematika dasar, bahasa indonesia dan bahasa inggris). Perlu konsentrasi yang kuat.
  3. Dengarkan  instruksi panitia dengan benar-benar.
  4. Isilah LJK selengkap mungkin. Jangan lupa tulis nama, nomor peserta, kode soal, pilihan jurusan, menulis pernyataan dan lain sebagainya. Periksa kembali jangan sampai ada yang terlewati, LJK harus dalam keadaan bersih, tidak terlipat.
  5. Baca petunjuk umum dan petunjuk khusus di halaman depan berkas soal. Periksa jumlah soal.
  6. Soal tes potensi akademik tahun 2009 sebanyak 55 soal sementara tahun 2010 dan 2011 sebanyak 75 soal dengan alokasi waktu 60 menit.
  7. Soal tes bidang studi dasar sebanyak 45 soal dengan alokasi waktu 60 menit. 45 soal terbagi ke dalam matematika dasar 15 soal, bahasa indonesia 15 soal dan bahasa inggris 15 soal.
  8. Jangan berkutik di satu soal, ingat waktu.
  9. Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.
  10. Sesudah ujian hari pertama, jangan langsung kalian bahas dengan teman-teman atau mendengarkan pembahasan di radio, surat kabar dan lain-lain. Biasanya jika kalian membahas ujian hari pertama dan ternyata jawaban kalian banyak yang salah, hal ini akan membuat kalian down, stress dan tidak semangat. Fokus saja pada ‘pertempuran’ hari kedua.

SNMPTN 2012 day 2 :

  1. Datang lebih awal lagi ke lokasi ujian.
  2. Buat posisi duduk senyaman mungkin, hari kedua adalah tes bidang studi ipa (matematika ipa, Fisika, Kimia, Biologi).
  3. Sebelum mengerjakan soal, Anda diminta untuk meneliti kelengkapan nomor dalam berkas soal ini. Tes Bidang Studi IPA ini terdiri atas 60 soal dengan alokasi waktu 90 menit dari 4 bidang ilmu, yaitu Matematika Ipa 15 soal, Fisika 15 soal, Kimia 15 soal, dan Biologi 15 soal.
  4. Dengarkan  instruksi panitia dengan benar-benar. Bacalah dengan cermat aturan dan tata cara menjawab setiap tipe soal.
  5. Tulislah jawaban Anda pada lembar jawaban ujian yang tersedia sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
  6. Anda dapat menggunakan bagian yang kosong dalam berkas soal untuk keperluan corat-coret. Jangan menggunakan lembar jawaban ujian untuk keperluan corat-coret
  7. Isilah LJK selengkap mungkin. Nama, nomor peserta, kode soal, pilihan jurusan, menulis pernyataan dan lain sebagainya. Periksa kembali jangan sampai ada yang terlewati, LJK harus dalam keadaan bersih, tidak terlipat.
  8. Baca petunjuk umum dan petunjuk khusus di halaman depan berkas soal. Periksa jumlah soal.
  9. Setelah ujian selesai, Anda diminta tetap duduk sampai pengawas selesai mengumpulkan lembar jawaban ujian. Anda dipersilahkan keluar ruang setelah mendapat isyarat dari pangawas untuk meninggalkan ruang

4.  Pasca hari H

Anda telah menyelesaikan 2 hari yang menyenangkan. Setelah ujian hari kedua baru kalian boleh mendiskusikan, melihat kunci dan pembahasan soal SNMPTN 2012. Hal penting yang perlu anda persiapkan sambil menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN  adalah anda memfoto copy kartu ujian dan menyimpannya dengan baik. Persiapan, usaha dan do’a sudah kalian lakukan tinggal pasrahkan semuanya kepada Allah swt.

Sukses Selalu Buat Anda.


Sumber : soaltpasnmptn.com
Oleh : Ardhi Sukses

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar