Hindari Kesalahan Pendaftran Online SNMPTN

Bookmark and Share
Kemarin pendaftaran online seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dibuka. Panitia Lokal (Panlok) Bandung menyiapkan kursi sebanyak 38.500 orang untuk peserta yang akan mengikuti ujian tertulis pada 12-13 Juni 2012.

Sekretaris Eksekutif I SNMPTN Panlok Bandung Asep Gana Suganda mengatakan, pendaftaran online dibuka pada 10 Mei pukul 22.00 WIB. Sebelum mengisi, calon peserta harus memerhatikan berbagai hal agar tidak terjadi kesalahan pendaftaran.

”Karena itu, sebelum mendaftar online, peserta terlebih dulu harus mengunduh buku panduan pendaftaran peserta SNMPTN dan panduan informasi melalui laman www.snmptn.ac.id agar peserta memahami seluruh informasi,” ujar Asep, kemarin.

Berbeda dengan pendaftaran SNMPTN 2011, tahun ini pendaftaran lebih sederhana. Salah satunya dalam proses pembayaran, tahun lalu calon peserta diharuskan menyebutkan nomor induk siswa nasional (NISN), kode panlok, dan pilihan paket kelompok ujian (IPA/IPS/IPC). Sedangkan pada tahun ini, calon peserta hanya diminta menyebutkan tanggal lahir sebagai identitas diri saat melakukan pembayaran di bank.

Selain itu, perbedaan sistem pembayaran pada tahun ini adalah tidak terdapat pembagian waktu pembayaran biaya ujian bagi lulusan SMA/ MA/SMK/MAK tahun ijazah 2010 dan 2011 dengan lulusan tahun ijazah 2012. Pembayaran dilakukan dalam waktu bersamaan.

”Untuk menghindari kepadatan jaringan peserta, jangan menunda- nunda untuk melakukan pendaftaran online. Sebaiknya dilakukan awal-awal masa pendaftaran agar mudah masuk ke sistem,” jelasnya.

Menurut Asep, biaya pendaftaran tidak berubah, masih sama seperti tahun lalu yaitu Rp150.000 untuk kelompok IPA atau IPS, sedangkan untuk IPC dikenakan biaya Rp175.000


Sumber : kampus.okezone.com
Oleh : Ardhi Sukses

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar