Proses Kerja CPU

Bookmark and Share
Central processing unit adalah bagian utama dari komputer, di kenal cengan sebutan microprosesor. berfungsi mengatur sebagian proses komputerisasi. memiliki nilai proses kecepatan dengan satuan mega hertz (HMZ). semakin besar nilainya maka semakin cepat pula perintah yang kita berikan pada komouter.

CPU sebenarnya adalah sebutan untuk prosesor namu banyak orang menyebut CPU sebagai cassing komputer serta yang ada di dalamnya.

microprossor adalah bentuk khusus dari rangkaian terpadu. (integrated circuit) yang terbuat dari silikon. microprossor bekrja sama dengan bagian lain komputer yaitu memori dan peralatan I/o. perhatikan gambar brikut :




Berikut adalah penjelasan dari seketsa di atas :

Dalam microprocesor terdapat register , yaitu tempat menyimpan data yang akan di proses oleh CPU. Register menyimpan hasil hitungan atau menyimpan angka yang menyatakan berapa kali satu oprasi harus di lakukan. Misalnya. instruksi yang tersimpan di memori dalam bentuk program.
Data dari Bus Data di alirkan ke satu persatu bus dalam dan di taruh di dalam register instruksi. Proses selanjudnya di laksanakan oleh bagian control sistem CPU yang mengirimkan isyarat-isyarat kendali ke seluruh bagian CPU dan juga bagian luar CPU. hubungan keluar CPU di lakukan oleh system bus kontrol.
Dengan demikian CPU tidak langsung berhubungan dengan bagian -bagian lain dari komputer. melainkan berhubungan dengan tiga buah bus. di sebut dengan bus yaitu bus data, dan bus kontrol, yang system di sebut dangan bus system.
bus system bengfungsi sebagai jalur lalu lalang data dang instruksi antar CPU dan memori. bus ini juga yang menjadi penghubung antar CPU, memori, dan proses I/O Misalnya. bus data di gunakan untuk penyaluran data keluar masuk CPU.
jika CPU ingin mengirim data ke lokasi memori maka data mengalir ke dalam BUS data dan mengalokasikan data melalui bus dres dan bus kontrol mak peranti yang lain di buat non aktif sehingga tidak bisa menerima data yang ada di bus data.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar