Modul Materi Pengantar World Wide Web

Bookmark and Share

Eddy Purwanto dan Tim Sub Bag Jaringan Informasi IPTEK, JIIPP

 Dokumen ini berisi berbagai penjelasan mengenai World Wide Web mulai dari pengertian internet,  sejarah bagaimana awal mula ditemukannya World Wide Web juga berbagai istilah dalam internet serta unsur-unsur yang terdapat dalam Web Site.Modul Materi Pengantar World Wide Web

A.Internet

1.Pengertian Internet 

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

2. Sejarah internet

Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) 

memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. 
Untuk Lebih Komplitnya silahkan Download aja DISINI...!!!

ATAU DOWNLOAD YANG INI
  1. CONTOH  APLIKASI  PROYEK AKHIR  SQL SERVER - VB NET 
  2. PENGENALAN MYSQL 
  3. PROTEK2
  4. TAHAPAN  MEMBUAT PROGRAM 
  5. modus
  6. Record 
  7. ALJABAR LINEAR  DAN  MATRIKS  (Semester Pendek)
  8. fungsi determinan 
  9. M02 _Persamaan Linier 
  10. Syllabus 
  11. Aljabar Linear 
  12. matriks 
  13. sistem _persamaan linier 
  14. Determinan 
  15. Determinan_1
  16. problem solving 
  17. ANALISIS DAN DESAIN SISTEM
  18. Database  Modeling  (ERD-ERM)
  19. Case Tool 
  20. Modul ANSI  - Bab2
  21. analisis  keekonomian 
  22. ANALISIS PEMBANDINGAN.xls 
  23. tugas ALK  
  24. tugas ALK.2 
  25. KISI2 UAS 
  26. Statemen Kontrol.pdf 
  27. Class dan Object.pdf 
  28. Materi 3 - Input & Output.pdf 
  29. Bhs. Permograman 1 
  30. Materi 4 - Struktur Kontrol.pdf 
  31. Jawaban TLAB 1 BP 1.pdf 
  32. JAWABAN TUGAS LABORATORIUM 2 MATKUL BP1.pdf 
  33. Materi 6 - Array.pdf 
  34. Class & Objek.zip 
  35. Proses ProduksiTV .ppt 
  36. PraProduksi  TV -1.ppt 
  37. PRAPRODUKSI  TV -2.ppt 
  38. Proses  Produksi Acara TV .ppt 
  39. PraProduksi Acara TV-1.ppt 
  40. PRAPRODUKSI Acara TV-2.ppt
 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar