Belajar Koq Pake Teknik..?? Sepenting apakah sebenarnya..?? v.2

Bookmark and Share
Dilihat dari judulnya, ini adalah sambungan dari belajar kok pake teknik yang pertama. Sebenarnya saya akan jadikan itu semua jadi satu tetapi menurut saya terlalu panjang dan tidak efektif.

Bagi yang ingin membaca postingan v.1 nya, silahkan KLIK DI SINI
Bagi yang ingin membaca postingan v.3 nya, silahkan KLIK DI SINI


Okeh saya akan melanjutkan yang sebelumnya. Saya sedikit review, jika sebelumnya saya membahas alasan mengapa belajar memakai teknik dan juga strategi dalam belajar, sekarang saya lebih mendalami tentang kecerdasan.


Gaya belajar berdasarkan kecerdasan

Apa itu kecerdasan??para ahli berpendapat bahwa kecerdasan dibagi menjadi 2 aspek, yaitu kapasitas untuk belajar dari pengalaman dan juga kemampuan untuk beradaptasi. Selama ini, banyak orang yang beranggapan bahwa cerdas itu pasti pintar di sekolahnya dan hasilnya pun baik. kecerdasanhanya diukur oleh prestasi akademik. Apakah itu benar??


Kecerdasan vs IQ

Uji kecerdasan yang kita kenal adalah test IQ, betul? Tujuan test tersebut untuk memprediksi kemungkinan untuk kerja atau prestasi seorang muriddalam lingkup sekolah formal. Pertanyaannya adalah, bisakah menjadi acuan untuk keberhasilan seseorang?? Menurut saya TIDAK



8 jenis kecerdasan

Pertama adalah linguistic. Linguistic sendiri adalah kemampuan dalam bidang bahasa.
kedua adalah matematika dan logika. Orang seperti ini adalah orang yang suka ketepatan dan menyukai berfikir abstrak dan terstruktur.
ketiga adalah visual dan spasial. Lebih berfikir dengan menggunakan gambar termasuk gambaran mental, cakap bekerja dengan peta, grafik dan diagram
keempat adalah music. Sensitive tehadap mood dan emosi, dan lebih menyukai music dan mengerti tentang music.
kelima adalah interpersonal. Orang seperti ini adalah orang yang mudah bergaul, mediator dan pintar dalam berkomunikasi.
keenam adalah intrapersonal. Mengerti perasaan sendiri, dapat memotivasi dirinya sendiri, mengerti siapa dirinya, mengerti dan sangat memperhatikan nilai dan etika hidup.
ketujuh adalah kinestetik. Mempunyai kemampuan untuk pengendalian fisik, yang sangat baik, ahli dalam pekerjaan tangan, suka menyentuh dan memanipulasi objek
dan terakhir adalah naturalis. Mencintai lingkungan dan alam, mampu menggolongkan objek, mengenali dan berinteraksi dengan hewan dan tanaman


Bagaimana daftar kecerdasan membantu pembelajaran?

Cerdas gambar: memakai gambar dan coretan untuk belajar lebih cepat dan lebih baik.
Imanijasi aktifmu sangat baik untuk membaca, menulis, berpikir dan menghafal, serta memahami bagaimana berbagai hal terkait, menyatu, dan cocok satu sama lain.

cerdas kata: gunakan cerita untuk belajar. Hebat dalam menulis dan menggubah puisi & irama, serta dengan mudah mempelajari berbagai bahasa

Cerdas alam: belajar aktif dengan mengetahui bagaimana sesuatu bekerja dan apa perbedaan di antaranya. Mudah mengenali puzzle dan pola, serta suka mengelompokkan benda agar bisa dipahami.

cerdas kinestetik: suka belajar lewat gerakan. Secara alami, cerdas menari & berolahraga. Memiliki tangan & jari yang sangat terampil untuk membuat sesuatu.

cerdas diri: penuh percaya diri karena tahu apa kelebihan anda & bagaimana cara mendapatkan apa yang anda inginkan. Sangat disiplin, terfokus, dan pemahaman dirimu membuat anda memiliki kepribadian kuat yang memegang kendali.

Cerdas angka: anda pandai memecahkan masalah dan bekerja dengan angka. Sangat ingin tahu & senang menanyakan mengapa sesuatu terjadi dan bagaimana sesuatu bekerja


Manfaat memahami kecerdasan

Manfaat memahami kecerdasan adalah meningkatkan keteranpilan dalam belajar karena lebih tahu apa yang dengan mudah bisa dilakukan. Disamping itu adalah dapat mempelajari hal yang baru bisa lebih menyenangkan.


Sumber : rheimantanie.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar