Belajar Koq Pake Teknik..?? Sepenting apakah sebenarnya..?? v.1

Bookmark and Share
Bagi yang ingin membaca postingan v.2 nya, silahkan KLIK DI SINI
Bagi yang ingin membaca postingan v.3 nya, silahkan KLIK DI SINI


Belajar kok pake teknik??? itu judul yang tepat buat membahas apakah perlu belajar memakai teknik??kalo perlu, bagaimana caranya??okeh saya akan jelaskan semua itu dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.

Sekarang ada yang tau apa itu teknik belajar??langsung saja saya jawab, teknik belajar itu pendekatan atau cara belajar. Menurut Fleming’s VAK Model, cara yang paling umum itu adalah Visual learners, Auditory learners, kinesthetic learners. Bingung??saya jelasin satu-satu model-model dari ketiga itu. Pertama Visual learners terdiri dari gambar, slide, diagram, hangout. Kedua Auditory learners terdiri dari kuliah Diskusi, tape. Terakhir kinesthetic learners terdiri dari explorasi, project, dan juga experiment.

Teknik belajar yang efektif  bisa dilakukan jika mempelajari banyak material memerlukan kerja, belajar efektif harus dipraktekan, dan tidak cukup difikirkan, gunakan informasi terkait untuk meningkatkan teknik belajar.

Untuk mempermulus teknik belajar, sebaiknya schedule belajar karena tanpa schedule belajar atau study plan, maka akan sulit mengatur waktu ketika ada kejadian yang tidak diharapkan. Buatlah schedule sesuai keperluan, lakukan revisi jika diperlukan, dan ikuti schedule yang telah dibuat.

Saya akan share beberapa tips dalam belajar. Pertama adalah pastikan semua tugas dibaca dan dipahami, serta buat catatan jika tidak mengerti. Yang kedua adalah review catatan yang telah dibuat.


Strategi Belajar

Ini dia senjata pamungkas dari topic yang saya bikin ini. Okeh sekarang apa saja sih strategi dalam belajar itu??

Kemampuan berfikir atau nama kerennya “Thinking skills
Saya yakin tiap orang mempunyai kemampuan dalam berfikir tetapi hanya sedikit yang berpikir efektif

Keterampilan berfikir efektif tidak dapat dipelajari, tetapi HARUS dibangun

Pemikir yang baik dapat melihat kemungkinan dimana orang lain melihat sebagai sesuatu yang buntu (“dead-ends”)


The SQ3R

The SQ3R tujuannya adalah untuk mempertajam keterampilan belajar. Apa itu SQ3R??saya jelasin satu-satu:

Survey: Get the best overall picture of what you're going to study. (artiin sendiri ^_^ )
Question: Ditekankan pada “what, why, how, when, who and where” of study content. Ask yourself questions as you read or study. (Google translate)
Read: : Read to answer questions you have asked yourself or questions  the instructor or author has asked. When you read, be sure to read  everything, including tables, graphs and illustrations. Sometimes they   can convey an idea more powerfully than written text. (liat kamus kalo gak ngerti :D)
Recite : Recite artinya adalah menceritakan kembali. Try to develop an overall concept of  what you have read in your own words and thoughts. (Biasain pake bahasa inggris J )
Review : sekarang pake bahasa Indonesia deh. Review adalah mengulang. Cara mengulang yang dimaksud ini adalah jika kita sudah membaca sampai selesai, maka lebih baik di review pada waktu yang tepat.

Reading atau kalo bahasa sininya “membaca”
Membaca adalah alat utama untuk mendapatkan informasi harus punya tujuan.

Getting Main Idea
Ini sangat penting untuk efektifitas belajar. Pelajari ide utama penulis dan pahami dengan caramu sendiri.

Extracting Important Details
Temuka ide utamanya. Biasanya ada satu detail penting yang terkait dengan Ide Utama. Makin banyak Link antara detail dan ide utama, makin efektif proses pembelajarannya.

Taking Notes
Ingat, hanya berisikan catatan yang penting. Lebih baik gunakan bahasa kita sendiri agar mudah dipahami sendiri. Tulis secara singkat, dan gunakan singkatan sebanyak mungkin sejauh kita bisa mengingat dan mengerti yang kita tulis. Dan terakhir lampirkan juga kata pengantar dan penutup.

Sekian dari saya. Ini adalah sedikit tips teknik belajar agar belajar kita lebih berkualitas lagi. Insya allah ada terusannya, doakan saja :D .

Pesan terakhir,
TERUSLAH BELAJAR DAN JANGAN PUTUS ASA HANYA KARENA 1 KEGAGALAN. :)


Sumber : rheimantanie.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar