Belajar Koq Pake Teknik..?? Sepenting apakah sebenarnya..?? v.3

Bookmark and Share
Bagi yang ingin membaca postingan v.1 nya, silahkan KLIK DI SINI
Bagi yang ingin membaca postingan v.2 nya, silahkan KLIK DI SINI

Ini adalah lanjutan dari sebelumnya, saya harap pembahasan ini adalah yang terakhir, takutnya menyamai sinetron cinta fitri sampai episode ke 7. Hehe. Yaps untuk kali ini saya lebih membahas tentang keterampilan belajar.


Keterampilan Belajar

Keterampilan belajar disini dibagi menjadi 5, diantaranya adalah membaca, menghafal, mencatat, menulis dan juga menghadapi ujian. Saya akan bahas masing-masing.

Membaca
Tentu yang baca postingan ini bisa membaca bukan, tetapi yang saya artikan disini bukan hanya membaca biasa, tetapi bagaimana membaca yang efektif. Pada saat membaca disarankan pemakaian paduan visual seperti jari, atau pensil bisa mempercepat bacaan dengan mencegah anda mundul dari kata sebelumnya. Pada saat membaca pun haruslah focus untuk memaksimalkan anda dalam membaca.

Menghafal
Menghafal untuk sebagian orang sangatlah sulit. Tidak sedikit orang jika dalam menghafal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengingatnya, betul tidak?untuk mempermudah dalam menghafal, sebaiknya buat hubungan antara sesuatu yang perlu dihafal.
Contoh: - menghafal nama 4 presiden pertama amerika, George Washington, John Adams, Thomas Jefferson, dan James Madison
sekarang bagaimana cara menghafal dengan mudah??
kita buat saja menjadi cerita pendek contohnya adalah, George memakai Jins Wash sambil menggandeng Adam menemui Tom yang marah-marah di Madison Garden.
Dengan cara demikian, bisa lebih mengingat lebih mudah bukan??

Mencatat
Mencatat untuk sebagian orang sudah biasa. Untuk membuat catatan yang berkualitas dan menarik, tidak sekedar menulis catatan tapi membuat catatan. Bingung? Saya jelaskan singkat padat jelas. Hehe
Mengapa kita perlu mencatat??yaps karena mencatat Membantu memahami informasi, mengingat lebih lama & memahami lebih baik.
Sekarang apa perbedaan antara mencatat dengan membuat catatan??mencatat biasanya focus pada isi (pikiran sadar) sedangkan membuat catatan biasanya membuat tetap tertarik dengan menuliskan bagaimana pikiran dan perasaan anda terkait dengan apa yang di dengar (pikiran bawah sadar).

Menulis
Menulis juga harus memakai teknik yang tepat agar apa yang kita tulis berkualitas. Bagaimana langkah-langkahnya??
pertama adalah perbanyaklah ide. Masukan sebanyak mungkin ide sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan ide yang tepat.
kedua adalah tentunya harus banyak berlatih. Latihlah kemampuan anda dalam menulis.
ketiga membuat planning organization.
keempat adalah buat outline dalam menulis.



Menghadapi ujian
Ini adalah tips bagaimana menghadapi ujian yang baik.

Ketahuilah aturan dalam penilaiannya.
Dalam hal ini selalu baca petunjuk dengan hati-hati. Ketahuilah aturan penilaian dan lakukan yang terbaik. Saya ambil contoh sedrhana, jika jawaban yang salah dikurangi, maka hindari menjawab dengan cara menebak kecuali anda tahu jawaban pastinya.

jawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu
Jika anda terpaku pada soal yang yang sulit terlalu lama, bisa jadi anda tidak dapat menyelesaikan ujian anda pada tepat waktu.

Ketahuilah keyword dari pertanyaannya
Biasanya pertanyaan terdiri dari satu atau beberapa keyword, cobalah untuk mendapatkan keywordnya untuk memahami pertanyaan tersebut

Baca seluruh pertanyaan terlebih dahulu
Pada sesi ini, pilih pertanyaan yang akan anda kerjakan terlebih dahulu.


Ini adalah yang terakhir saya membahas tentang “belajar kok pake teknik”, semoga bermanfaat bagi semua pembaca.


Sumber : rheimantanie.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar