Prediksi Soal Uji Kompetensi Guru PKn SMA MA SMK 2012

Bookmark and Share

1. Salah satu yang membedakan negara dengan organisasi social lainnya adalah….
A. Ada pengurusnya Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012  
B. Memiliki alat/tata tertip yang memaksa
C. Memiliki tujuan Soal Uji Kompetensi Guru 2012 Soal Uji Kompetensi Guru 2012       
D. Memiliki alat kelengkapan organisasi.
2. Yang disebut dengan pengurus dalam organisasi negara adalah ….
A. Alat-alat kelembagaan negara Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012         
B. Semua lembaga-lembaga negara
C. Pemerintah Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012 
D. Pamong Praja Soal Uji Kompetensi Guru 2012 Soal Uji Kompetensi Guru 2012
3. Pengakuan bukanlah sebagai unsur negara hanya sebagai menerangkan saja.
A. Pengakuan sebagai unusr Constitutive
B. Pengakuan sebagai unsur convensional
C. Pengakuan sebagai unsur Definitif
D. Pengakuan sebagai unsur Declaratif
4. Terbentuknya negara dengan cara negara lama terpecah dan lenyap, kemudia lahir negara baru, disebut terbentuknya negara dengan cara….?
A. Innovation Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Peleburan (Fusi) Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Accopatie Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Proklamasi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
5. Negara yang pemerintahannya diterletak ditangan sejumlah orang dari golongan feodal disebut negara …..
A. Monarchie Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Autocratie Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Oligarchie Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Aristocratie Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
6. Negara yang berada di bawah perlindungan negara lain disebut Negara ….
A. Mandat Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Perwalian Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Dominion Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Protektorat Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
7. Negara Perwalian dapat diberlakukan pada ….
A. Wilayah yang dipisahkan dari negara yang kalah pada perang dunia II
B. Wilayah yang dipisahkan dari negara yang kalah pada perang dunia I
C. Negara yang masih dijajah negara lain
D. Negara-negara yang tidak mampu mengurus dirinya sendiri.
8. Gabungan negara yang kepala negara dan perlengkapan negaranya ditetapkan secara pemilihan disebut negara ….
A. Serikat Negara Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Uni Riil Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Uni Personil Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Negara Serikat Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
9. Apakah fungsi negara yang paling utama ?
A. Menjaga keutuhan bangsa dan negara
B. Melaksanakan pembangunan nasional
C. Menyelamatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
D. Mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
10. Bagaimanakah caranya Indonesia membentuk neg?ara RI
A. Melaui meja perundingan (KMB)
B. Melalui kerjasama dengan PBB
C. Melepaskan diri dari kekuasaan Belanda
C. Melalui cara Innovatien (pembentukan baru)
1. Demokrasi dapat dipahami secara normatif dan secara empirik. Demokrasi secara empirik artinya adalah:
a. demokrasi dalam praktek Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. demokrasi dalam teori Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. demokrasi sesuai aturan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. demokrasi yang dipaksakan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. demokrasi secara konseptual
2. Secara empirik terdapat keanekaragaman berdemokrasi di berbagai negara. Hal itu antara lain disebabkan oleh disebabkan oleh:
a. jumlah penduduk yang berbeda,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. kondisi geografis yang berbeda Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. kondisi sosial budaya dan ideologi yang berbeda
d. potensi sumber daya yang berbeda
e. pengaruh lingkungan yang berbeda.
3. Setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah harus sesuai dengan aspirasi rakyat dan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan rakyat. Hal itu sesuai dengan indicator demokrasi:
a. rekruitmen politik yang terbuka
b. akuntabilitas, Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. rotasi kekuasaan,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. fleksibilitas,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. penghargaan HAM.Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
4. Pengisian jabatan publik dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berkompetisi. Hal itu sesuai dengan indikator demokrasi:
a. akuntabilitas,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. rotasi kekuasaan,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. fleksibilitas,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. penghargaan HAM.Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. rekruitmen politik yang terbuka
5. Pada kurun waktu setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai menjelang Orde Baru 1966, Indonesia menerapkan sistem:
a. demokrasi liberal Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. demokrasi parlementer Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. demokrasi rakyat Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. demokrasi sosialis Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. demokrasi Pancasila Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
1. Budaya politik parokial ditandai oleh hal-hal sebagai berikut, kecuali:
a. adanya spesialisasi dalam masyarakat yang sangat kecil,
b. diferensiasi terbatas, Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. orientasi politik sempit dari warga masyarakat,
d. aktor politik sekaligus menjalankan berbagai peran yang lain.
e. kesadaran politik yang cukup tinggi.
2. Kuatnya sentiment kedaerahan, kesukuan, dan keagamaan dalam masyarakat Indonesia, merupakan indikator budaya politik Indonesia yang masih diwarnai oleh:
a. primordialisme Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. paternalisme Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. patrimonial Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. tradisionalisme Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. modernisme.Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
3. Masyarakat Indonesia yang masih membawakan pola panutan, untuk melakukan sesuatu yang diharapkan, memerlukan figure yang bisa dijadikan sebagai acuan. Hal itu manandakan budaya politik Indonesia yang membawakan ciri:
a. primordialisme Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. paternalisme Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. patrimonial Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. tradisionalisme Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. modernisme. Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
4. Hampir setiap orang menganggap dirinya dan orang lain sebagai anggota aktif dalam kehidupan poltik, dan masing-masing sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan politik. Hal itu merupakan indikator budaya politik:
a. tradisional, Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. modern, Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. parochial,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. partisipan.Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
e. subyek,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
5. Dengan memperhatikan pendapat para pakar, dapat dikemukakan beberapa ciri budaya jawa yang sangat berpengaruh terhadap budaya politik Indonesia. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
a. cenderung tidak berada dalam situasi konflik,
b. mudah tersinggung.Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. kompetitif dan terbuka Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. menilai tinggi ketenangan sikap.
e. kuatnya rasa kebersamaan.
1. Penandatanganan penjanjian bilateral merupakan bentuk pengakuan suatu negara yang bersifat….
a. pengakuan kepala pemerintahan
b. pengakuan kepala Negara Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. pengakuan de facto Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. pengakuan de jure Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
2. Salah satu bentuk Negara yang diakui oleh masyarakat internasional adalah ….
a. Konfederasi, Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. Federasi,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. Kondominium,Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. Anggota Persemakmuran.Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
1. Perserikatan Bangsa-bangsa termasuk organisasi internasional yang bersifat ….
a. global Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. regional Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. lokal Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. terbatas Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
2. ASEAN merupakan organisasi internasional yang didirikan oleh bangsa-bangsa Asia Tenggara dengan sifat ....
a. global Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. regional Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. lokal Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. terbatas Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
1. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk....
a. mencapai tujuan pembelajaran Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. memudahkan guru mengajar Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. memberi pedoman keterlibatan siswa
d. memperjelas materi pembelajaran
2. Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ....
a. demosntrasi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. simulasi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. diskusi atau curah gagasan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. penelusuran informasi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
3. Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a. informasi dan ide tertentu Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. keterampilan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. nilai dan cara berfikir Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. jawaban a, b, dan c benar Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
4. Strategi tegi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a. strategi pengelolaan informasi
b. strategi personal Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. strategi sosial Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. strategi sistem perilaku Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
5. Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi ...
a. pengelolaan informasi
b. personal Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. sosial Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. sistem perilaku Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
6. Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a. bukan contoh Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. definisi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. nilai dari cir-ciri Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. unsur dari ciri-ciri Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
7. Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a. induktif Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b deduktif Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c konstruktivistik Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. klarifikasi nilai
8. Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a. pengungkapan perasaan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. analogi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. pilihan rasional Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. analisis rasional Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
9. Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a. pembelantukan kepedulian Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
b. analogi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
c. pilihan rasional Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
d. pengungkapan perasaan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
10. Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....
a. pembelantukan kepedulian
b. aksi sosial
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan

11. Kegiatan menetapkan siswa naik kelas atau tidak naik kelas adalah kegiatan ….
A. Pengukuran Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Membandingkan Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Penilaian Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Mengevaluasi Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
12. Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !
A. Pengukuran dan penafsiran
B. Pengukuran dan penilaian
C. Penilaian dan penafsiran
D. Penilaian dan evaluasi
13. Pedoman yang digunakan guru dalam mengembangkan alat evaluasi adalah ….
A. Kurikulum Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Tujuan Pembelajaran Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Buku Pelajaran Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Kisi-kisi tes Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
14. Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah ….
A. Hasilnya lebih valid Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Hasilnya lebih reliabel Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Hasilnya lebih akurat Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Hasilnya memuaskan semua pihak
15. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa disebut …..
A. Selection tes Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Placement tes Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Achievement tes Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Diagnostic tes Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
16. Manfaat hasil penilaian bagi siswa adalah sebagai berikut, KECUALI:
A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
B. Mendorong siswa belajar
C. Mengetahui ketepatan cara belajar
D. Mengetahui kemajuan belajar
17. Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian adalah …..
A. Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
B. Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
C. Menetapkan kriteria penilaian
D. Menetapkan tujuan penilaian
18. Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….
A. Tes yang reliabel Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Tes yang valid Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Tes yang memiliki daya beda
D. Tes yang memiliki derajat kesukaran yang memadai.
19. Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam memilih metode penilaian yang akan digunakannya ?
A. Aspek/ranah yang akan diukur
B. Jumlah siswa Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Materi pelajaran Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Waktu yang tersedia
10. Siapa sajakah yang dapat memanfaatkan hasil penilaian ?
A. Guru dan siswa Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
B. Guru dan sekolah/lembaga Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
C. Sekolah dan siswa Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012
D. Siswa, guru, dan Sekolah Soal Uji Kompetensi Guru 2012,Soal Uji Kompetensi Guru 2012


Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut! Jawablah dengan singkat dan
jelas!
1. Jelaskan perbedaan mendasar antara strategi dan model pembelajaran.
2. Pilih salah satu kompetensi dasar yang dapat dicapai melalui penggunaan strategi pembelajaran deduktif!
3. Rumuskan indikator dan pengalaman belajar siswa berdasarkan pilihan KD pada soal nomor 2 tersebut.
4. Pilih salah satu kompetensi dasar yang dapat dicapai melalui penggunaan model pembelajaran pembentukan konsep!
5. Rumuskan indikator dan pengalaman belajar siswa berdasarkan pilihan KD pada soal nomor 4 terseb

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar