Perlengkapan Peserta dan Kisaran Materi Uji Kompetensi Awal Guru Sertifikasi

Bookmark and Share

Kelengkapan UKA yang harus disediakan sendiri oleh peserta

  • Pensil 2B.

  • KARTU PESERTA

  • Karet penghapus.

  • Alas tulis (bila dimungkinkan tidak ada meja).

  • Format A1.

  • Identitas diri yang sah (KTP/SIM/Paspor).

Materi Uji Kompetensi Awal

Kompetensi Guru yang diukur :

  • Kompetensi pedagogik

  • Kompetensi profesional (sesuai dengan mata pelajaran perserta uji kompetensi)

Spesifikasi Instrumen UKA

  • Soal UKA terdiri dari : 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.

  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal ujian adalah 120 menit.

  • Bentuk soal adalah obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban

Spesifikasi Instrumen UKA

  • Jumlah paket soal: 2 (dua) paket soal untuk masing-masing mapel.

  • Proporsi kesukaran butir soal dibuat seimbang antara butir soal yang mudah dan butir soal yang sukar. Perbandingannya adalah 25% mudah, 50% sedang, dan 25% sukar.

  • Butir-butir soal harus representatif terhadap kompetensi yang akan diukur sesuai karakteristik mata pelajaran

Kisi-kisi Instrumen UKA

Merujuk pada :

  • Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

  • Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kaulifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor

  • Permendiknas Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus, untuk kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional

Jadwal Pelaksanaan UKA

  • Kegiatan UKA dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 25 Februari 2012.

    • WIB UKA dimulai pukul 08.00

    • WITA UKA dimulai pukul 09.00

    • WIT UKA dimulai pukul 10.00

  • UKA bertempat di kabupaten/kota

  • Jadwal sebagai berikut.

Tata Tertib

  • Peserta memasuki ruang ujian setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 25 (dua puluh lima) menit sebelum UKA dimulai.

  • Pada saat memasuki ruang ujian, peserta menunjukkan Format A1 dan kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang sah dan masih berlaku kepada pengawas ruang.

  • Peserta meletakkan kartu identitas diri di atas meja ujian untuk memudahkan pemeriksaan oleh pengawas ruang.

  • Peserta yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti setelah mendapat izin dari pengawas ruang, tanpa diberi perpanjangan waktu

  • Peserta dilarang membawa alat komunikasi elektronik, tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun ke meja ujian.

Tata Tertib

  • Peserta membawa alat tulis berupa pensil 2B, karet penghapus, dan penggaris.

  • Peserta mengisi daftar hadir dengan menggunakan ballpoint yang disediakan oleh pengawas ruang.

  • Peserta mengisi identitas diri pada LJK. Peserta yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJK dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.

  • Peserta mulai mengerjakan soal setelah ada tanda “waktu mulai UKA”.

  • Sebelum mulai mengerjakan soal, peserta terlebih dahulu mengecek kelengkapan soal. Peserta yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, tetap melakukan pengerjaan soal sambil menunggu penggantian naskah soal.

  • Selama UKA berlangsung, peserta hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dari pengawas ruang, serta tidak melakukannya berulang kali.

  • Peserta yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti UKA.

  • Peserta yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruang ujian sebelum berakhirnya waktu ujian dan dipersilakan oleh pengawas ruang.

  • Peserta berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu UKA.

  • Selama UKA berlangsung, peserta dilarang:

    • menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;

    • bekerjasama dengan peserta lain;

    • memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;

  • memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;

  • membawa naskah soal dan LJK keluar dari ruang ujian;

  • menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

Sanksi bagi Peserta

Peserta yang melanggar tata tertib diberi peringatan oleh pengawas ruang. Apabila peserta telah diberi peringatan dan tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka pengawas ruang mencatat dan mengusulkan peserta tersebut untuk dinyatakan gagal ujian dan dibuatkan Berita Acara.

Sanksi

  • Pengawas ruang yang melanggar tata tertib atau ketentuan panduan dibebas­tugas­kan dari pengawas ruang dan diganti oleh yang lain.

  • Semua bentuk kecurangan dan pelanggaran terhadap tata tertib ujian yang berpotensi terjadinya kebocoran soal dan jawaban ujian dikategorikan sebagai pembocoran rahasia negara dan akan diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku.

Penanganan Kasus

  • Peserta yang tidak dapat menunjukkan identitas diri tidak diperkenankan mengikuti UKA. Diberikan kesempatan untuk mengikuti pada UKA susulan dengan menunjukkan identitas diri.

Penanganan Kasus

  • Peserta yang identitas dirinya tidak jelas atau meragukan, maka pengawas ruang bersama dengan korlok dapat menggunakan informasi lain untuk memastikan status peserta tersebut dan dituangkan dalam berita acara.

  • Peserta yang tidak dapat mengikuti UKA pada tanggal 25 Februari 2012 karena alasan yang jedlas dan dapat dipertanggungjawabkan, dapat mengikuti UKA susulan pada tanggal 29 Februari 2012 bertempat di LPMP.

Pengawasan Pelaksanaan UKA

Setiap ruang pelaksanaan UKA diawasi oleh 1 (satu) orang pengawas yang ditugasi oleh Panitia UKA Kab/Kota

Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil UKA

  • LJK hasil UKA dikirim ke Badan PSDM&PMP langsung pada hari itu seusai pelaksanaan UKA (25 Feb. 2012)

  • LJK hasil UKA diperiksa dan diolah secara komputerisasi oleh Puspendik yang ditugasi oleh Badan PSDM&PMP

Pengumuman Hasil UKA

  • Badan PSDM dan PMP memvalidasi dan mengirim hasil analisis UKA yang dilakukan Puspendik kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.
  • Dinas pendidikan kabupaten/kota mengumumkan hasil UKA kepada para guru peserta UKA.

Pengendali Mutu UKA (LPTK)

  • Bekerja sama dengan P4TK mengembang-kan kisi-kisi dan instrumen UKA.

  • Bekerja sama dengan LPMP mengkoordi-nasikan penyelenggaraan UKA di tingkat kabupaten/kota yang ada di wilayah rayon LPTK yang bersangkutan.

  • Melaksanakan pemantauan pelaksanaan UKA dalam rangka pengendalian mutu.

    Sumber Berita (LPMP Jawa Tengah)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar