Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012 [Update]

Bookmark and Share
Setelah sebelumnya saya mengulas sedikit tentang "SNMPTN Undangan 2012" yang memberikan sedikit gambaran perihal pelaksanaan SNMPTN tahun ini berdasarkan apa yang terjadi pada tahun sebelumnya. Rupanya, tahun ini SNMPTN Jalur Undangan 2012, memiliki beberapa perbedaan dengan SNMPTN pada tahun sebelumnya.

Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012 [Update]
Setelah membaca pengumuman resmi pada laman bersangkutan, beberapa hal terlihat sama, kecuali mengenai syarat siswa yang boleh mendapatkan rekomendasi. Berikut ini beberapa hal yang patut mendapat perhatian dari para pendidik dan kepala sekolah.
Pertama : Sekolah yang boleh ikut dalam pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012 adalah sekolah yang diundang oleh Panitia. Daftar nama sekolah tersebut ada pada laman utama SNMPTN Jalur Undangan, yaitu http://www.snmptn.ac.id/. Bagaimana sekolah yang namanya tidak tercantum dalam database sekolah yang diundang? Kepala sekolah boleh mendaftarkan sekolahnya lewat laman SNMPTN 2012 dengan mencantumkan profil sekolah. Ini akan memudahkan proses penerimaan sekolah sebagai salah satu sekolah yang diundang.
Kedua : Ini masalah jumlah siswa yang mendapat rekomendasi dari kepala sekolah. Tahun lalu, siswa yang boleh mendapatkan rekomendasi untuk mendaftar lewat SNMPTN Jalur Undangan adalah siswa kelas 3 yang akan mengikuti ujian nasional tahun berjalan, dengan syarat termasuk dalam peringkat terbaik. Untuk kelas akselerasi 100%, kelas unggulan 75%, Sekolah dengan akreditasi A 50%, dan seterusnya. Namun sekarang, syaratnya adalah siswa memiliki prestasi yang baik dan konsisten pada semester 3, 4 dan 5, dengan peringkat tidak lagi berdasarkan kelas, namun peringkat sekolah secara umum. Untuk sekolah dengan akreditasi A, siswa yang boleh didaftarkan adalah 50% siswa terbaik dari keseluruhan siswa kelas 3. Sekolah dengan Akreditasi B, 30% siswa terbaik, sedangkan sekolah dengan akreditasi C hanya 15% saja. Selain akreditasi itu, sekolah hanya boleh mendaftarkan 5% dari siswa terbaik.
Bagaimana dengan kelas akselerasi dan kelas unggulan? Rupanya pada tahun ini, SNMPTN Jalur Undangan 2012 hanya memberikan kesempatan pada 50% Siswa terbaik. Bukan lagi 75% siswa terbaik di kelas, atau juga 100%.
Ketiga : Tahun sebelumnya jurusan yang boleh dipilih oleh calon peserta adalah masing-masing 3 jurusan dengan 2 universitas pilihan. Namun tahun ini, SNMPTN Jalur Undangan memberikan pilihan 2 jurusan pada 2 perguruan tinggi. Berarti hanya ada 4 kemungkinan jurusan yang dapat dipilih.
Jadwal Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012
Adapun jadwal untuk pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012 adalah berikut : Pendaftaran dimulai sejak 1 Februari 2012 hingga 8 Maret 2012 (Pukul 22.00 WIB), dilakukan secara online melalui laman SNMPTN. Seleksi akan dilakukan sehari sejak penutupan pendaftaran, yakni dari tanggal 9 Maret 2012 hingga 15 Mei 2012. Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan 2012 akan dilaunching pada laman SNMPTN pada 25 Mei 2012 pukul 18.00 WIB. Dan bagi siswa yang dinyatakan lulus, akan diwajibkan untuk mengikuti Pendaftaran Ulang sejak 12 hingga 13 Juni 2012.
Bagaimana? Cukup jelas bukan?! Ayo berdiskusi di sini. Berbagi informasi untuk yang membutuhkan. OK?!
Oh ya ... Sahabat juga boleh melihat koleksi Prediksi Soal UN 2012 yang ada di blog ini. Semoga file tersebut dapat membantu teman-teman dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tahun ini. Semoga pada Pengumuman UN 2012 nanti, semuanya lulus. Amin. Itu merupakan Bocoran UN 2012 terbaru. Hehe .. Hari gini mana ada Bocoran UN ya?! Kunjungi terus blog Dewi Cinta untuk mendapatkan update terbaru mengenai SNMPTN Undangan 2012.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar