Contoh Program Tahunan Basis KTSP

Bookmark and Share
PROGRAM TAHUNAN     
Mata pelajaran                   :   BAHASA INDONESIA
Satuan pendidikan             :   MA MU’ALLIMIN NW BORO’TUMBUH
Kelas / program                :   XII / IPS
Tahun Pelajaran                 :   2011/2012

SEMESTER
NO
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI      
DASAR       
ALOKASI WAKTU (JP)       
GANJIL      
1
Mendengarkan     
Memahami informasi dari berbagai laporan

1.2. Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan


1.3  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran        

2
Berbicara     
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi      

2.1.  Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi        


2.2. Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi


3
Membaca      
Memahami artikel dan teks pidato

3.1. Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif


 3.2. Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

4
Menulis
Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

4.1. Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur

Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku

4.2. Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir

4.3. Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku

5
Mendengarkan
Memahami pembacaan novel 

5.1. Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  

5.2. Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel  

6
Berbicara
Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 
6.1    Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

7
Membaca
Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
7.1   Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai


7.2   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen    

8
Menulis
Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi


8.2   Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)

GENAP
9
Mendengarkan
Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   


9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  

10
Berbicara
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 


10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat

11
Membaca
Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif

11.1. Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit

11.2. Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif 

12
Menulis
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola

12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 


12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup

13
Mendengarkan
Memahami pembacaan teks drama
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    
 

13.2 Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 

14
Berbicara
Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam 


14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari

15
Membaca
Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer

15.2 Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode


16
Menulis
 M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

16.1. Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai


16.2. Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 









Mengetahui;
Kepala Madrasah,



ASMU’I,  S.Pd.I

Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Guru Bidang Studi,



HADARIAH, SE.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar